Menikmati Drama Thailand

Sudah sebulan ini saya menikmati drama thailand atau sering disebut Lakorn. Bukan sekedar menikmati namun juga mempelajari dan memahami 5W1H dari drama-drama tersebut.

Saya akui bahwa sejauh ini saya termasuk bukan penikmat drama Indonesia. Saya lebih cenderung ke drama Jepang dan Korea. Hal ini terbukti jika kalian membuka beberapa tulisanku lainnya di blog ini. Selain keunggulan dari segi waktu, cara penyajian konten drama juga jauh menjanjikan dari pada drama Indonesia. Maaf jika terlalu blak-blakan. Saya sering mengungkapkan ini sebenarnya masih berharap dikemudian hari bisa kembali menikmati drama Indonesia.

Memang tidak semuanya drama Indonesia jelek, contohnya drama seri yang sering ditayangkan oleh NET TV seperti Kesempurnaan Cinta. Memang masih cukup dikategorikan panjang, namun kejelasan ending dari drama yang disajikan dan alur cerita drama yang membuat saya cukup yakin stasiun TV dan tim produksi drama tersebut cukup baik. semoga karya yang demikian bisa terus bertambah.

kali ini saya akan membahas karakteristik yang saya pahami selama satu bulan menikmati drama Thailand.

  • setiap channel TV memiliki karakter drama yang berbeda.

Lakorn yang tayang di channel 3 cenderung menyajikan drama romantis, channel 7 cenderung ke action atau science fiction, dan OneTV cenderung ke lakorn modern kadang juga menyajikan lakorn yang bersifat diatas 17 tahun karena mengandung unsur menyukai sesama jenis. Namun terlepas dari itu, cara penyajian lakorn dari ketiga channel tersebut sangat menarik dan menjanjikan. ending drama memang tidak semuanya happy, namun jikapun sad ending, drama tetap memiliki nuansa yang jelas.

  • budaya dan karakter yang menarik.

Setiap karakter yang dimainkan saya nilai 7-sempurna. para pemain memiliki kualitas dan baik, jika saya bandingkan antara jepang, korea dan thailand, point karakter mereka adalah 8. jika dibandingkan dengan drama Indonesia maka saya akan samakan dengan karakter pemain di film Indonesia atau drama di NET TV-Kesempurnaan Cinta.

Pemain disesuaikan dengan karakter mereka, usia atau secara visual memang sudah pas memainkan karater drama tersebut. sedangkan kebanyakan drama Indonesia tidak sesuai dengan usianya, misal SMP memerankan kuliah, dari visual (sorry) pendek dipakaikan sepatu yang tinggi agar setara dengan lawan mainnya.

Dibeberapa kesempatan, lakorn memiliki kesamaan dengan Indonesia, nuansa budaya mulai dari musik yang melatarbelakangi drama, mengingatkan saya dengan kota Bali dan Jawa. kesamaan lainnya yang saya lihat adalah sering kali pemainnya tetap cantik dan modis (with full makeup) meskipun karakter yang mereka mainnya sedang karakter tidur atau di dapur. ini saya perhatikan kalau di drama Indonesia malah semuanya “cantik” menggunakan full makeup, sepatu, dress, padahal lokasi atau karakter mainnya adalah di rumah. kalau Lakorn, main di rumah, pemeran utama kana mengganti sandal rumah atau melepas sandalnya. Ini termasuk mengajarkan kepada penonton bagaimana seharusnya bertingkah laku di dalam rumah.

  • latarbelakang musik yang berbeda

setiap lakorn, memiliki sountrack sendiri, mungkin tidak sebanyak drama korea, namun saya perhatikan lakorn dan dorama setidaknya memiliki 3-4 OST yang melatarbelakangi drama mereka. ini berbeda dengan Indonesia yang lebih banyak menggunakan musik yang sudah populer saat ini atau terkadang musiknya berulang untuk jenis judul yang berbeda, contohnya kalau saya menonton FTV Indonesia.

  • episode yang tidak panjang dan waktu penayangan yang berbeda

lakorn yang sejauh ini saya tonton, paling banyak adalah 30 episode. secara umum lakorn hanya 8-18 episode. namun dari segi waktu penayanga setiap episodenya, lakorn sangat jauh berbeda dengan drama korea dan jepang, setiap episode ditayangkan selama 2 jam termasuk iklan. meskipun demikian penayangan dalam 1 minggu, 2-3 hari per 2 jam, artinya lakorn akan selesai paling lama 1-2 bulan saja. ini sangat baik, karena bagi penonton, kami dapat menyiapkan dan mengatur waktu kerja dan menonton tayangan TV.

 

mungkin ini dulu, nanti saat saya agak senggang dan memungkinkan, saya sempatkan merangkum tentang Lakorn.

drama yang juga saya nikmati adalah drama taiwan dan cina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s