Arti SHINee Bagiku

Akhir tahun ini menjadi hari berduka bagi para penggemar SHINee (Boyband asal Korea Selatan). Anggota SHINee, Kim JongHyun ditemukan tak sadarkan diri di apartemennya (18 Desember 2017). JongHyun merupakan main vocal dari group SHINee yang pertama kali debut pada tahun 2008.

Lonely, salah satu judul lagu yang diciptakan JongHyun yang sebagian besar fans SHINee (Shawol) serta netizen menganggap sebagai ungkapan JongHyun akan depresi yang dia rasakan. Sedih mendengar berita ini. Semua duniaku rasanya terguncang. Berita datang disaat aku penuh dengan tugas dan deadline ujian. Mencoba meninggalkan sejenak, berusaha menepis berita itu bohong, aku justru ditemukan fakta lainnya.

SHINee menemaniku sejak pertama kali aku merantau di pulau Jawa. Tahun 2008 adalah tahun pertama aku kuliah. Ingat sekali, dulu aku sebut duriku ‘kudet (kurang update)’. Aku pertama kali mengenal internet memang sejak SMA, tapi untuk paham ternyata internet bisa sekuat dan semenakjubkan adalah sejak aku kuliah. Pindah dari desa ke kota, membuat mataku terbuka sangat luas. Di saat itulah aku kenal yang namanya SHINee.

Pertama kali belajar download video dari youtube, lagu SHINee (ost. BBF) lah yang aku jumpai. Sejak itulah aku jatuh hati dengan SHINee dan mulai mengenal semua anggota. Menjadikan aku maniak dengan KPOP dan mengikuti trandnya hingga saat ini. Berkat SHINee aku kenal Korea Selatan dan ingin tau keunikan negara ini.

Arti SHINee untukku adalah obat. Karya dan hiburan dari merekalah yang menemaniku saat aku stress dengan semua tugas-tugas wajibku. Semua itu tidak lepas dari hasil kerja keras JongHyun, yang begitu indahnya menciptakan alunan musik, menggugah gairah semangatku.

Memang sejak SHINee tidak begitu aktif di industri musik, aku mulai mengurangi aktivitasku dengan KPOP. Tapi tetap SHINee adalah gong-ku. Aku memang tidak mengikuti semua karya JongHyun ataupun Taemin sebagai soloist, bahkan aku sudah tidak pernah lagi menuliskan karya dan aktivitas mereka di blog lainku. Tapi bukan berarti aku tidak mencintai SHINee. SHINee tetap menjadi salah satu belahan hidupku yang membawaku ke dunia luar. Mereka tetap berarti bagiku.

Biasku adalah Onew. Tapi bukan berarti yang lain aku abaikan. Setidak-sukanya aku dengan Minho, dia tetap SHINee yang jika tidak ada dia maka SHINee tidak lengkap. Tahun 2009, saat SHINee pertama kali datang ke Indonesia, banyak berita tidak enak yang mendatangi para Shawol. Di saat itu aku pernah mengatakan: “jika seluruh orang menagcuhkanmu, membencimu, ataupun menginginkanmu untuk tidak eksis lagi di dunia ini, maka aku bersedia menjadi temanmu. Jangan pernah merasa sendiri, karena aku bersedia berlari untukmu”. Jika dipikirkan lagi, saat aku sudah dewasa ini, kalimat yang pernah aku ucapkan itu, seperti mengartikan SHINee sebagai keluargaku.

Aku tidak tau pasti seberapa besar rasa sayangku pada SHINee, yang jelas adalah mereka sangat berarti bagiku. Aku ingin melihat mereka bahagia dengan cara mereka sendiri. Tidak perlu ada di TV untuk menunjukkan jika kalian bahagia, cukup dengan kalian menjaga kesehatan dan selalu baik untuk kalian sendiri.

JongHyun selamat jalan. Aku berharap kau sudah bahagia dengan caramu.

Onew, Taemin, Key, Minho; I hope, you can create your happiness with your own ways. “You are in charge in your own life. Don’t entrust your life with anyone. You must be able to stand on your own.”

Thank you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s